Kuba: Negara Komunis dan pertumbuhan Gereja

Setiap orang tahu bahwa Kuba adalah sebuah negara Komunis di Amerika Selatan, tergolong sebuah negara Komunis yang tetap gigih di dalam mempertahankan faham Komunisnya, budaya USA negara tetangganya yang terkenal dengan Holywood dan hiburan glamor lainnya belum bisa menembus pertahanan negara komunis ini. Adakah kehidupan Gereja di negara ini?

Berita dunia tentang Kuba, umumnya tentang Fidel Castro dan khususnya tentang Fidel Castro. Sesungguhnya kehidupan Gereja di Kuba merupakan berita yang jauh lebih besar dari kehidupan dan pemikiran Fidel Castro.

Sebuah laporan Protestant Revival in Cuba (16 Januari 1998) mencatat bahwa gerakan Protestant berkembang lebih cepat dari Gereja Katolik Kuba. Ditambahkan,  Gereja Katolik tetap denominasi terbesar di Kuba, dan bertumbuh, tetapi kepercayaan Protestant juga nampak terjadi revival.

Kuba memiliki lebih dari 50 denominasi Protestant dan Injili, dan terdapat 900 gedung Gereja Protestant, tetapi tetap tidak cukup untuk melayani pertumbuhan jemaat. Sehingga jemaat bersekutu di rumah-rumah pribadi untuk pelayanan doa.

Charismamag.com dalam laporannya (6 Mai 2009) menulis: Tahun 1989, Gereja Assembly of God di Kuba memiliki anggota 12 000 jemaat, dan sekarang telah bertumbuh lebih dari setengah juta (500 000) anggota. Sebuah gedung Gerejanya setiap hari Minggu terisi 70 000 hadirin. Lihatlah video klip ini, dasyat Roh Kudus tidak terbendung oleh tembok-tembok faham Komunis!

Apa yang membuat orang Kuba meninggalkan faham Komunis?

  • Seorang wanita bersaksi: “Kehidupan saya diubahkan secara penuh. Saya biasa hidup di dalam kegelapan. Sekarang saya hidup di dalam terang.”
  • Untuk orang lain, itu disebabkan mereka jenuh dengan pengendalian faham Komunis atas kehidupan pribadi mereka.
  • Untuk para remaja dewasa Kuba, sebab mereka terlepas dari ikatan kuasa-kuasa obat-obat terlarang,

Pembaca bayangkan sendiri, pukul satu pagi 25 remaja Kuba berdiri bergandengan tangan membentuk lingkaran, berdoa dengan suara yang keras untuk keselamatan negara Kuba – negara Komunis, sementara seorang berseragam polisi memperhatikan  mereka.

Kuba dengan faham Komunisnya telah membawa rakyatnya kepada minuman keras dan narkoba, khususnya sekarang ini. YAHWEH memakai Gereja-Nya untuk menyelamatkan bangsa ini

Mazmur  42:1-4
Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran bani Korah. Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Elohim.
Jiwaku haus kepada Elohim, kepada Elohim yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Elohim?
Air mataku menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata kepadaku: “Di mana Elohimmu?”
Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Elohim dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan.

Sumber bacaan:

Protestant Rivival in Cuba
Revival Thriving in Communist Cuba
Cuba for Christ – Ahora!

Hak cipta dari artikel ini dimiliki oleh penjalabaja.wordpress.com. Artikel ini boleh diperbanyak dengan syarat alamat blog disertakan dengan lengkap dan bukan untuk tujuan komersial. Persiapkan Jalan Bagi Raja
About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s