Konferensi Synergize2: Murid Yeshua adalah pemenang jiwa

Konferensi Synergize 2 dengan semboyan ”Satu milyar jiwa” (19-21 Januari 2010, Orlando, Florida, USA) yang diadakan khusus untuk para pemimpin rohani ini berjalan dengan baik sekali.

Synergize 2! dalam situsnya menulis, ”Meliwati tiga tahun terakhir, the Global Church [Gereja di seluruh Dunia] telah bertumbuh lebih dari 500 000 (lima ratus ribu) gereja-gereja baru dengan hampir 200 juta jiwa-jiwa baru. Kita menyaksikan Gereja bergerak dari satu milyar ke dua milyar orang-orang Kristen sekarang ini.”

Ditargetkan untuk 15 tahun kedepan Gereja-Nya secara menyeluruh dapat memenangkan satu milyar jiwa baru. Bagaiman kita bisa melakukannya?

Salah satu pembicara pada konferensi memberikan sebuah jalan keluar untuk mencapai target tersebut. Alex Mitala, dikenal sebagai rasul dari Uganda, ia mengepalai lebih dari 18 ribu gereja-gereja lokal di luar Uganda, Pada presentasinya yang berjudul: ”Melipat gandakan Pemenang-pemenang Jiwa Di Dalam Gereja Lokal”, beliau menyatakan bahwa, ”Setiap orang percaya harus ada sebagai seorang pemenang jiwa. Setiap orang percaya adalah diberi kuasa [Roh Kudus]  menurut Alkitab.”

Ia merujuk kepada ayat-ayat Alkitab dan menyatakan bahwa Firman Elohim berkata bahwa semua orang percaya  dipanggil untuk terlibat di dalam kegiatan-kegiatan pemenangan jiwa. Yeshua ingin orang-orang yang percaya kepada-Nya setelah mereka bertobat dari dosa-dosa mereka, untuk bertumbuh dan menjadi murid-murid-Nya, tidak cukup hanya menjadi orang percaya. Beliau dan team-nya telah mendirikan gereja-gereja lebih dari 145 gereja di Uganda dan Kenya. Disamping itu mereka juga telah mendirikan rumah-rumah yatim piatu, sekolah-sekolah umum dan fasilitas-fasiltas pelatihan pendeta.

Ia setuju bahwa Elohim memanggil orang-orang untuk melayani Yeshua dengan cara-cara yang berbeda, tetapi apapun jabatan mereka, entah itu ia seorang businessman, petani, atau pemusik, seorang percaya harus ada sebagai seorang pemenang jiwa. Ini adalah tanggung jawab pendeta gereja untuk memuridkan anggota-anggota gereja-nya sehingga setiap orang dapat pergi keluar dan memberitakan Injil, tandasnya.

Pembicara lainnya, Ademola Ishola dari sebuah Gereja Baptis yang memiliki lebih dari 10 000 anggota, menambahkan bahwa ”memenangkan jiwa adalah sebuah tanggung jawab rohani dari setiap orang percaya.” Ia temukan pada sebuah gereja lokal anggota yang aktif biasanya kurang dari 20%. Itu artinya 80% dari sumber daya manusia tidak terpakai atau hilang. ”Pendeta-pendeta perlu untuk melatih setiap orang di dalam hal pemenangan jiwa,” pendeta ini berkata.
Kedua pembicara di atas adalah sebagian dari lusinan pembicara lainnya di konfrensi ini.

Kunci lainnya untuk pencapaian target di atas ialah juga membagikan dan mengkombinasikan sumber-sumber yang mereka miliki (dari mana kata synergize ini berasal) untuk memenuhi the Great Commission.

Faktor fital  lainnya yang merupakan motor penggerak yang tentunya selalu harus diingat di dalam melakukan the Great Commission ialah pesan Adonai Yeshua Ha Mashiah kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke sorga: menunggu untuk mereka dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus dari Yang Mahatinggi.

Luk 24:46-49  Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mashiah harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,  (47)  dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.  (48)  Kamu adalah saksi dari semuanya ini.  (49)  Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

Dikutip ulang oleh penulis yang sama pada kitab Kisah para Rasul:

Kisal para Rasul 1:8-9  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”  (9)  Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.

Urutan kerjanya ialah:

  1. Menunggu waktu Elohim
  2. Dilengkapi dengan kuasa sorgawi
  3. Pergi menjadi saksi-Nya di manapun kita diutus

Pentingnya dilengkapi dengan kuasa Roh Kudus. Kata kuasa di sini dalam bahasa aslinya, Yunani, ”dunamis” dari mana kata ”dinamo” dan ”dinamit” berasal.

Dinamo adalah kekuatan pengerak yang bersifat terus menerus secara tetap dan dinamit adalah kekuatan peledak yang bersifat singkat namun menghancurkan.

Dengan kuasa Roh Kudus sajalah kita bisa memenuhi tugas the Great Commission ini, bukan di dasari kekuatan manusia (metode, strategi, sumber dana dan daya) yang terbatas dan mudah dipengaruhi oleh banyak kondisi.

Dengan kuasa Roh Kudus Elohim di dalam kita maka kita bisa:

  • mengusir roh-roh jahat
  • meletakan tangan pada yang sakit dan si sakit akan sembuh
  • tetap hidup jika orang jahat memberi kita minuman beracun
  • mengenali pekerjaan-pekerjaan roh-roh jahat yang ada di sekitar pelayanan kita
  • berbicara dengan penuh hikmat dan pengertian
  • menguatkan iman kita sendiri melalui berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru (bahasa Roh Kudus)
  • membawa kepada YAHWEH keluhan-keluhan yang kita yang tidak bisa diucapkan dan dipikirkan oleh kita sendiri, dengan cara berbahasa-roh.
  • bernubuat untuk membangun jemaat
  • mentranfer kuasa YAHWEH kepada jemaat lainya melalui penumpangan tangan kita
  • Yeshua sendiri berkata, bahwa melalui Roh Kudus-Nya yang diam di dalam kita, kita akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Ia lakukan, bahkan lebih besar lagi!

Markus 16:15-20;1 Korintus 12:4-11; 14:1-5; Yohanes 14:11-18

Baca juga:

Hak cipta dari artikel ini dimiliki oleh penjalabaja.wordpress.com. Artikel ini boleh diperbanyak dengan syarat alamat blog disertakan dengan lengkap dan bukan untuk tujuan komersial. Persiapkan Jalan Bagi Raja

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s