Film ABRAHAM; Cerita Alkitab

Film Abraham The Bible Collection Film Abraham (3 jam). Disutradarai oleh Joseph Sargent (1994).

Film adalah film, untuk cerita yang lebih lengkap dan akurat bacalah Alkitab – Kejadian pasal 12 sampai 22.

Abraham (nama lamanya) disebut sebagai “bapa dari banyak bangsa,” “bapa orang beriman.” Firman YAHWEH yang paling terkenal dan terpenting yang dikatakan kepada  Abraham adalah:  “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu [Kanaan]; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.”  (Kejadian 12:1-3)

Ujian imannya yang terbesar adalah ketika ia diminta oleh YAHWEH untuk mengorbarkan Ishak, putra tunggal dari Sarah isterinya. Imannya nyata pada perkataannya ini:

  1. Kepada kedua bujangnya yang menyertai Abraham: “Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu.” (Kej. 22:5). Abraham yakin, jika memang Elohim yang meminta Ishak dikorbankan, maka Dia juga mampu membangkitkan Ishak dari kematian.
  2. Tanya jawab Ishak dengan ayahnya. Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: “Bapa.” Sahut Abraham: “Ya, anakku.” Bertanyalah ia: “Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?” Sahut Abraham: “Elohim yang akan menyediakan anak domba (the lamb) untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku.” Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.  (Kej. 22:7-8).

Tepat sebelum Abraham menyembelih Ishak yang terbaring di mezbah, tiba-tiba Malaikat YAHWEH menghentikannya. Segera setelah itu Abraham melihat seekor domba jantan (a ram) yang tanduknya tersangkut dalam belukar, yang kemudian ia pakai sebagai korban bakaran kepada YAHWEH sebagai ganti dari Ishak. Abraham menamai tempat pengorbanan itu: “YAHWEH Yireh” yang artinya “YAHWEH Melihat” atau “YAHWEH Menyediakan.” (ayat 14).

Setelah kejadian ini Malaikat YAHWEH memperkuat janji-Nya kepada Abraham, ”Aku (telah) bersumpah demi diri-Ku – firman YAHWEH – Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, … Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau (telah) mendengarkan firman-Ku.” (Kej. 22:16-18).

Hak cipta dari artikel ini dimiliki oleh penjalabaja.wordpress.com. Artikel ini boleh diperbanyak dengan syarat alamat blog disertakan dengan lengkap dan bukan untuk tujuan komersial. Persiapkan Jalan Bagi Raja

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s